Anda tidak sendirian, di luar sana,
masih banyak salesman yang kesulitan menjual produknya. Hanya sebagian
saja yang menyadari ada satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan
ketika menjual sebuah produk. Faktor penentu keberhasilan penjualan
memang macam-macam, tetapi ada satu hal utama yang tidak boleh
dilupakan.
Seorang salesman menjual produk dengan
kualitas yang sama, dengan harga yang sama dan dengan proses delivery
yang sama, tetapi mengapa produk tersebut laku terjual pada konsumen A
dan tidak laku terjual pada konsumen B? Apa sebenarnya yang menyebabkan
hal tersebut dapat terjadi?
Alasan utama seorang konsumen membeli sebuah produk adalah konsumen tersebut BUTUH untuk SOLUSI masalahnya. Membeli makan yang enak, karena BUTUH untuk SOLUSI
mencari kenikmatan. Makan yang tidak enak walaupun murah, akan ditolak,
karena masalahnya adalah mencari kenikmatan dan butuh untuk
menyelesaikan masalahnya tersebut. Sedangkan harga bukanlah masalah
utamanya.
Jadi dapat kita simpulkan, konsumen BUTUH SOLUSI
dan kita harus memberikan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Anda
memiliki produk yang unggul kalau tidak menjawab kebutuhan solusi
konsumen, maka proses penjualan juga tidak akan terjadi, demikian juga
sebaliknya.
Seburuk apapun produk anda, tetap akan terjual bila ditawarkan kepada konsumen yang mem BUTUH kan.
Lalu bagaimana mencari konsumen yang membutuhkan?
Salah satu dunia kecil yang dikenal
banyak orang adalah dunia Facebook, didalamnya banyak sekali konsumen
dengan kebutuhannya masing-masing. Pengguna Facebook di seluruh dunia
mencapai 1 Miliar. Sedangkan Indonesia menempati rangking ketiga setelah
Amerika Serikat dan India. Diprediksi pada tahun 2018, pengguna
Facebook di Indonesia akan mencapai 96,2 juta.
Facebook juga menyediakan banyak fitur
yang memungkinkan kita mengenali kebutuhan konsumen tersebut. Dari
fanpage yang mereka like, dari group yang mereka join dan dari status
yang mereka sukai, dapat menjadi gambaran profil kebutuhan dari konsumen
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar